Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya

Selasa, 30 Agustus 2016

Lestarikan Kuliner dengan Lomba Masak Klepon




Melestarikan wisata kuliner bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan lomba memasak. Lomba memasak yang merupakan rangkaian kegiatan Fisika Mengabdi 2016 ini digelar di balai desa Banjarjo, Kecamatan Sumberharjo, Bojonegoro, Jawa Timur pada hari Rabu (20/07/2016). 

Peserta lomba memasak yang terdiri dari ibu-ibu ini diminta untuk membuat makanan tradisional yakni Klepon. Mereka diminta membuat klepon secara berkelompok. Semangat dan seru itulah yang tergambar saat para peserta lomba memasak membuat klepon. Sekalipun terdapat kendala dan kesulitan saat memasak, namun para peserta cukup percaya diri untuk menyelesaikan tantangan dalam membuat klepon.  

Klepon ini dibuat dari tepung ketan yang diisi gula merah. Setelah matang, klepon lantas dituang ke dalam wadah dan ditaburi parutan klapa untuh menambah cita rasa gurih.

Adapun lomba memasak ini diikuti dari perwakilan masing-masing desa dari tiga desa yakni desa Mlinjeng, Banjarjo dan Sumberharjo. Lomba ini selain untuk menjalin kekompakkan dan kerjasama para peserta sekaligus melestarikan makanan tradisional klepon yang saat ini semakin jarang ditemukan.

Acara dimulai pukul 9 pagi dan berakhir pukul 1 siang. Juri yang menilai makanan berasal dari panitia Fisika Mengabdi 2016 yang profesional dan berpengalaman dibidang kuliner. Pemenang lomba ditentukan dari kualitas rasa, performance makanan dan kebersihan.

0 komentar:

Posting Komentar